Monday, September 25, 2023
Berita Viral
HomeHealth7 Ikan yang Sebaiknya Tidak Dikonsumsi

7 Ikan yang Sebaiknya Tidak Dikonsumsi

Ikan merupakan sumber protein hewani yang sangat baik dan menjadi bagian penting dari banyak masakan di seluruh dunia. Namun, tidak semua jenis ikan aman untuk dikonsumsi, terutama mengingat permasalahan terkait keberlanjutan dan tingkat kontaminasi yang bisa memengaruhi kesehatan. Kabar Viral 

Kita akan membahas tujuh jenis ikan yang sebaiknya tidak dikonsumsi.

1. Hiu
Hiu adalah salah satu ikan yang sebaiknya dihindari karena populasi hiu global terus mengalami penurunan drastis akibat perburuan berlebihan. Selain itu, beberapa spesies hiu juga mengandung tingkat merkuri yang tinggi, yang berpotensi berbahaya bagi kesehatan manusia.

2. Ikan Marlin
Marlin adalah ikan besar yang terkenal dalam olahraga memancing. Namun, beberapa spesies marlin memiliki tingkat merkuri yang tinggi dan rentan terhadap overfishing. Sebaiknya hindari marlin dalam diet Anda, terutama jika Anda sedang hamil atau menyusui.

3. Ikan Pari
Beberapa spesies ikan pari juga memiliki tingkat merkuri yang tinggi. Selain itu, penggunaan sirip pari dalam hidangan tertentu telah menyebabkan penurunan jumlah populasinya yang signifikan.

4. Ikan Patin
Ikan patin adalah ikan tawar yang umumnya aman untuk dikonsumsi. Namun, perlu diperhatikan bahwa beberapa ikan patin yang berasal dari perairan terkontaminasi dapat mengandung polutan seperti dioksin dan PCBs. Sebaiknya pilih ikan patin yang berasal dari sumber yang terjamin kebersihannya. Kabara Viral 

5. Ikan Swordfish (Ikan Pedang)
Swordfish adalah ikan besar yang juga memiliki tingkat merkuri yang tinggi. Ikan ini dapat mengandung kadar merkuri yang bahaya bagi kesehatan manusia, terutama bagi wanita hamil dan anak-anak.

6. Ikan Gurita
Gurita bukan ikan, tetapi moluska laut yang sering dikonsumsi. Namun, beberapa spesies gurita telah menghadapi tekanan eksploitasi yang signifikan. Sebelum mengkonsumsi gurita, pastikan ikan ini diperoleh dari sumber yang berkelanjutan.

7. Ikan Kod
Ikan kod adalah ikan yang berasal dari perairan dingin. Beberapa spesies ikan kod telah mengalami penurunan populasi yang signifikan akibat overfishing. Pilihlah ikan kod yang berasal dari sumber yang berkelanjutan dan ikuti pedoman penangkapan ikan yang berkelanjutan.

Baca Juga : Lagi Viral 

Pernyataan

Ketika membeli ikan, selalu cari tahu asal-usulnya dan pastikan ikan tersebut berasal dari sumber yang aman dan berkelanjutan. Mengonsumsi ikan yang berkelanjutan membantu menjaga populasi ikan dan menjaga kesehatan Anda. Selain itu, hindari mengonsumsi ikan yang memiliki tingkat merkuri yang tinggi, terutama jika Anda termasuk dalam kelompok rentan seperti anak-anak dan wanita hamil. Dengan memilih ikan yang aman dan berkelanjutan, Anda dapat menikmati manfaat gizi ikan tanpa merusak sumber daya laut dan kesehatan Anda. Kabar Viral 

RELATED ARTICLES
- Advertisment -
Berita Viral

Most Popular

Recent Comments