Friday, May 24, 2024
HomeBusinessTips & Trik Mengatur Bisnis Agar Tetap Baik Saat Lebaran

Tips & Trik Mengatur Bisnis Agar Tetap Baik Saat Lebaran

Jakarta, Kabar Viral – Tentu saja lebaran tahun ini terasa sangat spesial bagi karyawan dan juga pemiliki bisnis, karena hampir sampai 3 tahun sejak terjadinya COVID-19 telah diakui membuat pemilik usaha atau bisnis sangat mengalami resiko kerugian yang signifikan dari segi penjualan. Namun, tahun ini lebaran sudah mulai disambut baik dan hangat oleh bisnis untuk meningkatkan dari segi penjualan.

Sebagai pemilik bisnis pasti anda ingin tahu tips bisnis agar anda tidak mengalami kecukupan staff atau karyawan ketika sedang hari raya besar. Contohnya, pada saat lebaran yang dimana merupakan tantangan sendiri bagi pebisnis dari lini besar sampai kecil sekalipun. Sandy Suryanto selaku Chief Commerical Officer Mekari memberikan tanggapan, bahwa bagi bisnis yang melakukan kegiatan beroperasi selama libur Lebaran, hal yang perlu penting diingat adalah pengaturan presensi dan absensi karyawan yang akan standy dan juga yang mengambil cuti. Ini merupakan 2 hal yang krusial bagi pemilik bisnis nantinya.

Tips Bisnis Ketika Lebaran - Bonus Lembur Karyawan
Tips Bisnis Ketika Lebaran – Bonus Lembur Karyawan

Beliau menambahkan pada hari Selasa (11/4/2023), “Bisnis di sektor yang langsung berhadapan dengan konsumen, layaknya ritel, hiburan masyarakat, restoran atau café akan kebanjiran konsumen disaat libur Lebaran. Maka demikian, selaku pemilik bisnis harus segera merencanakan segala keperluan dan kebutuhan baik untuk karyawan dan kelangsungan bisnis tersebut dengan cermat. Agar nantinya bisa terus beroperasi melayani para konsumen dengan baik dan professional.”

Baca juga : Intip Referensi Fashion Baju Lebaran dari Dream Day 2023

Sandy Suryanto juga mengatakan, “Kehadiran teknologi saat ini juga sangat membantu peranan bisnis untuk para konsumen. Dari dalam mengatur rotasi karyawan hingga melayani konsumen tentunya dengan cara virtual, selama libur Lebaran. Teknologi dapat membantu bisnis untuk terus melakukan silaturahmi dengan para konsumen, sehingga bisnis tidak akan kehilangan pelanggannya dan konsumen semakin setia dengan pelayanan yang diberikan oleh bisnis tersebut.”

Chief Commerical Officer Mekari tersebut juga membagikan beberapa tips bisnis dan trik dalam mengatur bisnis dengan baik menggunakan teknologi dan menjadikan libur Lebaran ini sebagai sumber pendapatan yang tetap stabil bahkan meningkat dari hari biasanya. Simak berikut tips dan triknya antara lain :

  1. Bonus Lembur bagi Karyawan

Tentu saja ketika pemilik bisnis sudah memberikan lembur kepada para karyawan, harus memberikan bonus lembur sebagai insentif agar karyawan tetep semangat dan bersedia untuk mengambil shift saat libur Lebaran. Maka demikian, bisnis tentu harus secara cermat memperhitungkan anggaran untuk menutupi pengeluaran yang ekstra terkait bonus insentif tersebut.

Tipsnya adalah, pemilik bisnis dapat memanfaatkan digital yang mengkoneksikan jadwal shift di HR dengan catatan payroll di divisi keuangan. Sehingga nantinya bonus insentif tersebut dapat dihitung dan dikirim ke karyawan dengan cara otomatis.

  1. Amankan Rotasi Karyawan

Karyawan tentunya saja ingin berkumpul dengan keluarga saat libur Lebaran. Maka dari itu, pemilik bisnis harus memperkirakan seberapa yang available untuk nantinya dapat menyesuaikan dengan rotasi cuti karyawan khususnya di bagian front-end dan back-end. Solusinya adalah dengan digital untuk manajemen personalia dapat membantu bisnis dengan cara sinkronisasi secara otomatis pada jadwal cuti dan lembur, sehingga rotasi karyawan juga terjaga dengan baik.

  1. Menjaga Loyalitas Konsumen

Untuk meningkatkan loyalitas konsumen, khususnya pelanggan tetap yang sudah setia dengan bisnis anda. Sebagai pemilik bisnis harus tetap menjaga hubungan dengan para konsumen, tips dan triknya adalah dengan memanfaatkan CRM (Customer Relationship Management) dengan mengirim ucapan Hari Raya Idul Fitri, jika perlu memberikan kode voucher diskon jika ada, melalui berbagai aplikasi chat seperti WhatsApp, Line, Telegram ke konsumen yang merayakan Idul Fitri. Tentu saja dengan ini, konsumen yang sedang merayakan hari raya akan merasa dihargai dan diingat oleh bisnis langganan mereka.

  1. Menjaga Kualitas Konsumen

Jika diperlukan, pemilik bisnis juga harus menyiapkan Customer Service yang siap beroperasi 24/7 hari nonstop untuk memberikan sikap professional jika ada konsumen yang ingin bertanya seputar produk atau jasa bisnis anda. Ini guna untuk tetap menjaga hubungan antara bisnis dan konsumen, agar kualitas konsumen tetap tertaga. Anda bisa menggunakan CRM yang terintegrasi langsung ke Meta seperti Instagram, Facebook, WhatsApp dan tentu saja ini mempermudah tim karyawan Customer Service dalam melayani konsumen setiap harinya.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -
Berita Viral

Most Popular

Recent Comments